Sengketa Pajak

Dalam pelaksanaan peraturan perpajakan seringkali terjadi sengketa pajak antara fiskus dengan Wajib Pajak. Sengketa Pajak biasanya timbul karena adanya perbedaan persepsi antara Wajib Pajak dan otoritas pajak atas sesuatu masalah seperti interpretasi atas peraturan atau atas suatu fakta.

Sengketa Pajak dapat terjadi pada berbagai tingkatan. Setelah penyampaian SPT Tahunan berlalu, biasanya pihak otoritas pajak akan melakukan pengujian atas laporan pajak yang disampaikan Wajib Pajak tersebut melalui pemeriksaan pajak. Hasil pemeriksaan dapat menimbulkan sengketa bila Wajib Pajak tidak setuju dengan hasil pemeriksaan tersebut.

Sengketa pajak diselesaikan di tingkat keberatan namun bila Wajib Pajak belum dapat menerima hasilnya maka sengketa pajak tersebut berlanjut ke tingkat banding di Pengadilan Pajak.

Perlu disadari bahwa penyelesaian sengketa pajak merupakan hak Wajib Pajak. Karena itu untuk dapat memaksimalkan upaya Wajib Pajak dalam penyelesaian sengketa pajak tersebut diperlukan strategi yang tepat mulai dari menghadapi pemeriksaan sampai dengan pengajuan bandingnya.

About the Author